Analisa Semiotik Makna Pesan Iklan Mendorong Mobil Partai Solidaritas Indonesia

Penulis

  • Riza Julfaniah Stikosa-AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v2i3.347

Kata Kunci:

Iklan, Gotong Royong, Bhineka Tunggal Ika, Solidaritas

Abstrak

Penelitian ini adalah  untuk  mengetahui makna pesan yang disampaikan pada iklan PSI Solidaritas  Indonesia  versi  “mendorong mobil”. Pada penelitian ini peneliti menuliskan  rumusan  masalah  yaitu, apa  makna pesan yang  terkandung dalam iklan PSI Solidaritas Indonesia versi “mendorong mobil”?. Teori yang mengacu pada penelitian ini adalah Semiotik  yang dikemukakan oleh Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdengan pembedahan menggunakan teori Christian Metz untuk melihat realitas yang digambarkan. Penelitian ini juga menggunakan teori semiotika Roland Barthes untuk melihat realitas yang tersembunyi atau tidak tampak dalam iklan tersebut. Pada penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa iklan PSI versi “mendorong mobil” terdapat mitos yang ada pada masyarakat Indonesia yaitu bergotong royong dan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetap satu jua. Tidak ada perbedaan antara suku dan ras pada masyarakat Indonesia.

Referensi

Barthes, Roland. (2004). Mitologi, (terjemahan Nurhadi & Sihabul Millah). Yogyakarta : Kreasi Wacana.
Bungin, Burhan. (2011). Kontruksi Sosial Media Massa. Jakarta : Kencana Kencana Predana Media Group.
Budiman, Kris. (2011). Semiotika Visual Konsep, Isu, dan Problem Ikonisitas. Yogyakarta: Jalasutra.
Effendy, Onong uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Fiske, Jhon. 2012. Pengantar ilmu komunikasi edisi ketiga. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.
Harun, Rochajat dan Sumarno, A.P. 2006. Komunikasi Politik Sebagai Suatu Pengantar. Bandung : CV. Mandar Maju.
Liliweri, Alo. 2003. Dasar-Dasar Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lull, James. 1977. Media, Komunikasi, Kebudayaan : Suatu Pendekatan Global, (Terj) A. Setiawan Abadi. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.
Meleong, Lexy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Remaja.
Metz, C. From Film language.
Mulyana, Deddy. 2003. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda.
Nuruddin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada .
Sobur, Alex. 2004. Semiotika Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Widyatama, Rendra. 2011. Teknik Menulis Naskah Iklan. Yogyakarta : Cakrawala.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-29

Terbitan

Bagian

Articles