Pola Komunikasi Guru dan Murid SMA SLB-B Dharma Wanita di Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.37826/digicom.v2i3.348Kata Kunci:
pola komunikasi, hambatan komunikasi, guru dan murid SMA, SLB-BAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi serta hambatan komunikasi guru SMA terhadap murid SMA yang memiliki keterbatasan khusus dalam pendengeran (tuna rungu). Kajian pustaka dalam penelitian ini ialah pola komunikasi serta pola komunikasi guru dan murid. Dimana pola komunikasi yang memiliki tiga arah untuk memahami menerapan komunikasi antara guru dan murid. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif, dimana sumber data diperoleh melalui wawancara informan atau narasumber. Subjek dalam penelitian ini ialah dua guru SMA yakni Syaiful sebagai wali kelas XII dan Bambang sebagai wali kelas X, serta dua siswa SMA SLB-B Dharma Wanita Sidoarjo bernama Nasya dan Imam. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yaitu data kualitatif yang diperoleh dari wawancara informan dan observasi kemudian akan memberikan gambaran proses komunikasi guru dengan murid. Kesimpulan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru dan siswa SMA di SLB-B Dharma Wanita Sidoarjo memiliki penerapan pola komunikasi Linear, Primer, dan sekunder serta pola komunikasi guru dan murid dua arah, dan multiarah dalam berkomunikasi terhadap muridnya. Sedangkan dalam hambatan komunikasi dapat disimpulkan bahwa guru dan siswa SMA di SLB-B Dharma Wanita Sidoarjo kerap mengalami hambatan sosial budaya, prasangka, lingkungan, dan semantis dalam berkomunikasi terhadap murid namun dapat mengatasinya.
Referensi
Hardjana (2003) Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal. Penerbit KANISIUS.2003
Lubis Nisrina (2010) Mengasuh dan Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus.Penerbit Garailmu
Muhitgh Abdul dan Siyoto,(2018) Sandu Aplikasi Komunikasi Terapeutik Nursing dan Health. Penerbit ANDI.
Mulyana (2016) Ilmu Komunikasi. Penerbit PT.Remaja Rosdakarya.
Mulyana (2000) Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar.Penerbit PT.Remaja Rosdakarya.
Mutialela (2017) Konsep dan Aplikasi Ilmu Komunikasi. Penerbit ANDI.
Pandji Dewi (2013) Sudahkah Kita Ramah Anak Special Needs?. Penerbit PT.Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia-Jakarta.
Pratiwi, Ari. Poetri, Alies. Fatmala, Ulfah. Werdi, Unita (2018) Disabilitas dan Pendidikan Inklusif di Perguruan Tinggi. Penerbit UB Press.
Suyanto. Jihad, Asep.(2011) Menjadi Guru Profesional. Penerbit Esensi (Erlangga Group)
Wasita Ahmad.(2012) Seluk-Beluk Tunarungu dan Tunawicara Serta Strategi Pembelajarannya. Penerbit Javalitera.