Pemberitaan Akhir Covid 19 Melalui Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.37826/digicom.v3i2.471Kata Kunci:
analisis manajemen isu, strategi komunikasi publik, hubungan publik pemerintah, pandemi, Dinkominfo SurabayaAbstrak
Manajemen pandemi yang berhasil di Kota Surabaya adalah bukti dari implementasi efektif komunikasi publik, yang sebagian besar disumbangkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya (Dinkominfo). Dalam rangka menyelidiki hubungan antara strategi komunikasi publik dan pelaporan tentang akhir pandemi di Kota Surabaya, sebuah studi dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teori analisis manajemen isu oleh Howard Chase dan Barry Jones. Penelitian ini berfokus pada pelaporan tentang pandemi COVID-19 dari Januari hingga Oktober 2022 melalui media sosial Instagram @sapawarga dan situs web surabaya.go.id. Temuan menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Surabaya memprioritaskan perubahan perilaku masyarakat dan pemulihan ekonomi daripada melaporkan masalah kesehatan yang kontraproduktif. Untuk memantau masalah terkait Kota Surabaya, pemerintah menggunakan pemantau media konvensional, digital, dan cerdas serta memprioritaskan isu berdasarkan urgensi dan kesesuaian dengan visi dan misi Pemerintah Kota Surabaya. Formulasi strategi komunikasi publik yang efektif melibatkan penentuan target, konten, dan strategi media, sedangkan implementasi strategi fokus pada peran Pemimpin (Walikota) sebagai komunikator utama dan menggunakan konsep komunikasi AIDA untuk secara bertahap dan berulang kali melibatkan masyarakat. Keberhasilan komunikasi publik diukur dari tingkat partisipasi masyarakat Kota Surabaya dalam mendukung program dan kebijakan pemerintah.
Referensi
Ardiyanti, H. (2020). Komunikasi Pemerintahan Dalam Penanganan Pandemi COVID-19. INFO Singkat: Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual dan Strategis, 12(15), 25-30.
Arofi, A. M. (2018). Strategi Goverment Public Relations Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam Mengelola Isu Publik. Jakarta: Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Universitas Syarif Hidayatullah.
Azmi, F. (2021, Maret 02). Berita Jawa Timur. Diambil kembali dari DetikNews: https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5477411/kasus-covid-19-pertama-di-jatim-ini-perjalanan-klaster-selama-setahun-corona
Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. (2020). Indikator Kesejahteraan Rakyat Kota Surabaya 2020. Surabaya: Badan Pusat Statistik Kota Surabaya.
Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. (2021). Indikator Kesejahteraan RakyatKota Surabaya 2021. Surabaya: Badan Pusat Statistik Kota Surabaya.
Berita: Tanggap Darurat Berakhir, IDP Tegaskan New Normal Tak Berarti Pelonggaran Protokol Kesehatan. (2020, Juni 07). Diambil kembali dari Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara: https://dinkes.luwuutarakab.go.id/index.php?/berita/167/tanggap-darurat-berakhir-idp-tegaskan-new-normal-tak-berarti-pelonggaran-protokol-kesehatan.html
Candra, A. K., & Prasetyo, D. (2022). Strategi Komunikasi Promosi Pariwisata Dearah Oleh Duta Wisata Ikon Cak dan Ning Surabaya. DIGIKOM: Jurnal Komunikasi dan Media 2(1), 93-100
Gandhawangi, S. (2022, Juni 03). Pendidikan & Kebudayaan. Diambil kembali dari kompas.id: https://www.kompas.id/baca/dikbud/2022/06/03/komunikasi-publik-kunci-manajemen-pandemi
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Habibie, D. K. (2018). Dwi Fungsi Media Massa. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 79. https://doi.org/10.14710/interaksi.7.2.79-86
Iriantara, Y. (2019). Humas Pemerintah 4.0. Media Nusantara, 16(1), 13–26.
Krisyantono, R. (2012). Public Relations dan Management Crisis. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kurnia, D. (2022, Maret 14). Home: Nusantara. Diambil kembali dari republika.co.id: https://www.republika.co.id/berita/r8pxof377/kasus-covid19-melandai-surabaya-fokus-pemulihan-ekonomi
Lubis, E. E. (2012). Peran Humas dalam Membentuk Citra Pemerintah. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12(1), 1–73.
Mansur, J. (2021). Implementasi Konsep Pelaksanaan Kebijakan Dalam Publik. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam 6(2), 324-334.
Novrizaldi. (2021, Desember 28). Penanggulangan Bencana: Ini Alasan Pemerintah Terapkan Pelonggaran di Masa Libur nataru. Diambil kembali dari Kemenko PMK: https://www.kemenkopmk.go.id/ini-alasan-pemerintah-terapkan-pelonggaran-di-masa-libur-nataru
Nugraha, J. (2021, Maret 18). Merdeka: Jateng. Diambil kembali dari Merdeka.com: https://www.merdeka.com/jateng/diseminasi-adalah-penyebaran-informasi-ketahui-strategi-dan-langkah-langkahnya-kln.html
Nasrullah, R. (2017). Blogger Dan Digital Word of Mouth: Getok Tular Digital Ala Blogger Dalam Komunikasi Pemasaran Di Media Sosial. Jurnal Sosioteknologi, 16(1), 1–16. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2017.16.1.1
Panuju, R., & Arkansyah, M. (2019). Penggunaan Saluran Komunikasi dan Minat Wisatawan Berkunjung ke Wisata Kota Surabaya. Jurnal Heritage, Vol. 8(1), 76-91.
Poetra, R. R., & Christantyawati, N. (2017, Juni). Model AIDA: Pola Penggunaan Media Sosial dalam Meningkatkan Kepuasan Penjualan di Toko Online Goldies Hijab. Jurnal Komunikasi Profesional, Vol. 1(1), 22-36.
Pramudiarja, U. (2022, Juli 26). Detik Health. Diambil kembali dari health.detik.com: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6200081/43-ribu-lebih-kasus-aktif-covid-19-ri-26-juli-ini-10-penyumbang-terbanyak
Prayitno, Y., & Kuncoro, Y. A. (2019). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding President Joko Widodo ’ s Communication Strategy Through # JKWVLOG in Maintaining the Spirit of Nationalism. 2007, 71–89.
Ramadani, T. (2019). Pengelolaan Komunikasi Publik. Jurnal Good Governance(15 (1)), 10-27. doi:10.32834/gg.v15i1.42
Sahara, W. (2021, Agustus 05). News: Nasional. Diambil kembali dari Kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2021/08/05/18560541/beda-data-kematian-covid-19-antara-pemerintah-pusat-dengan-daerah
Saidah, M. (2017). Public Relations Politik Tim Komunikasi Presiden Republik Indonesia Dalam Pengelolaan Isu-Isu Publik. Jakarta: Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Sani, A., Hidayat, M., & Sjafirah, N. A. (2020). Pemahaman petugas kehumasan Kementerian Dalam Negeri tentang peran Humas Pemerintah. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, Vol. 4(2), 215. https://doi.org/10.24198/prh.v4i2.23528
Sari, A. M., Topowijoyono, & Husaini, A. (2016). Analisis Penerapan Self Assessment System Pajak Hiburan Blitar (Studi Pada Dinas Pendapatan Blitar). Jurnal Perpajakan (JEJAK), 10(1), 1-11.
Sjorada, D. F., & Gemiharto, I. (2014). Optimalisasi Peran Dan Fungsi Humas Pemerintahan Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Jawa Barat. 743–751.
Vadillah, N. (2021). Strategi Komunikasi Dalam Mensosialisasikan Program Website Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Masyarakat (LAPOR) di Kota Makassar. Makassar: Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Venus, A., Octavianti, M., el Karimah, K., & Suprapto Arifin, H. (2020). Komunikasi krisis Forum Ekonomi Kreatif Kabupaten Bandung Barat menghadapi pandemi COVID-19. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(1), 117–134. http://jurnal.unpad.ac.id/manajemen-komunikasi/article/view/29799
Wardana, A. M. (2021). Manajemen Isu Public Relations dalam Menanggapi Isu Publik (Studi Kasus Pada Manajemen Isu Humas Pemda DIY dalam Menanggapi Isu Publik Terkait Dengan Vaksinasi COVID-19). Yogyakarta: Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Pembangunan Nasional "Veteran".
Wildan, M., & Kusuma, H. (2022). Motif Pendiri Public Speaking “ Sing Your Mind ” Terhadap Public Speaking Anggotanya. 2(2), 99–107.
Yulianto, A. R. (2019). Strategi Komunikasi Manajemen Isu Publik Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Surabaya: Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Bhayangkara.