Strategi Internet Marketing Organik Pada Penjualan Produk CV.Toserba Pesantren

Penulis

  • Miftahol Anwar Stikosa - AWS
  • Mochammad Arkansyah Stikosa - AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v3i2.476

Kata Kunci:

Strategi, Digital Marketing, Komunikasi Pemasaran

Abstrak

Perkembangan internet membawa perubahan didalam penerapan strategi marketing perusahaan. Seperti halnya CV. Toserba Pesantren, dari awal membangun usaha sudah memanfaatkan peluang online marketing. Maka pokok dari permasalahan ini ialah bagaimana Strategi Internet Marketing Organik Pada Penjualan Produk CV. Toserba Pesantren. Jenis Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data adalah Owner/Direktur CV. Toserba Pesantren, Admin dan pelanggan CV. Toserba Pesantren dengan pengumpulan data yaitu observasi, wawancara serta dokumentasi sehingga tehnik analisis data yaitu reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh CV. Toserba Pesantren antara lain, promosi atau periklanan melalui website, optimasi mesin pencari (SEO) dengan menekankan pada kata kunci, youtube dan Whatsapp. Sales promotion melalui media sosial, diskon dan penawaran khusus. Penjualan pribadi di toko offlinenya dan pemasaran langsung memalui media sosial. Implikasi dari penelitian ini adalah 1. CV. Toserba Pesantren perlu aktif di beberapa media sosial seperti Facebook Marketplace dan marketplace. Selain itu juga perlu aktif di beberapa event, bazar untuk personal selling.

Referensi

Chafey, Dave dan Chadwick. (2012). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. New York: Pearson Education Limited.
Chafey, Dave. (2015) Digital Business and E-Commerce Management, Strategy, Implementation, and Practice. England: Pearson Education Limited
David, A. (2013). Manajemen Pemasaran Strategis (Strategic Market Management), E8. Penerbit Salemba Empat.
Dr. Edi Suryadi, M. S. (2018). Strategi Komunikasi. Rosda.
Fandy Tjiptono. (2017). Pemasaran Strategik. Andi Publisher.
Fitri Rachmawati. (2018). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya.
Gita Putri, Amalikha, A. A., & Maidah, S. (2021). Pengembangan Komunikasi PemasaranUMKM D ’ Lollypop Melalui Media. 01(02), 1–11.
Indrasari, D. M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelannggan (Pertama). Unitomo Press.
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M. S. (2015). Perilaku Konsumen. Ghalia Indonesia.
Rahmania, F. D., Soetjipto, B. E., & Rahayu, W. P. (2018). Online Marketing Using Social Media Performed by Star-Up Entrepreneurs in Kediri Regency. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(5), 641–647. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11088
Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran. Mulawarman University Press.
Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.
Ranjani Sukma Ainun. (2021). HUBUNGAN ANTARA MOTIF TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI LinkedIn SEBAGAI MEDIA PENCARI KERJA.
Rico Huang. (2014). Jago Jualan di Instagram.
Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan. (2013). Creative Digital Marketing. Elex Media Komputindo.
Ridwansyah, A. (2017). Instant marketing for busy people. Esensi.
Rizal. (2021). Strategi Digital Marketing sebagai Media Komunikasi Dalam Pemasaran Paket Umroh Pada PT Pandi Kencana Murni Makassar.
Salamah, S. (2017). Strategi Digital Marketing PT. Wahana Mitra Wisata (Wahana Haji Umrah).
Sofjan Assauri. (2018). Manajemen Pemasaran. PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono, P. D. (2017). Meotde Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sunyoto, D. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Central foe Academic Publishing Service.
Wibowo, P. T. J. (2020). Apa Itu Organic Marketing? https://www.wartaekonomi.co.id/read317853/apa-itu-organic-marketing
Wilson, A. (2015). YouTube In The Classroom.
Hermawan, Agus, (2012) Komunikasi Pemasaran, Erlangga : Jakarta.
M Duc Le. (2013) Content Marketing. Bachelor Thesis. Haaga Helia: University of Applied

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-18

Terbitan

Bagian

Articles