Strategi Internal Relations Meningkatkan Loyalitas Dan Motivasi Kinerja Karyawan Hotel Sofia Juanda Surabaya

Penulis

  • Angga Wahyu Perdana Stikosa-AWS
  • Ratna Puspita Sari Stikosa-AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v2i4.378

Kata Kunci:

Loyalitas Kerja, Motivasi Kerja, Internal Relations.

Abstrak

Hotel Sofia Juanda merupakan salah satu perusahaan dalam bidang jasa yang dapat dikatakan berhasil dalam menjaga loyalitas para karyawannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi internal relations yang digunakan Hotel Sofia Juanda untuk meningkatkan loyalitas dan motivasi kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang diolah merupakan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder yang diperoleh merupakan dokumentasi guna mendukung berbagai macam data dan teori yang berhubungan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hotel Sofia Juanda menggunakan elemen-elemen yang terdapat dalam faktor-faktor loyalitas kerja, hingga membuat karyawan Hotel Sofia Juanda dapat loyal pada perusahaan, seperti faktor rasional, faktor emosional, dan faktor spiritual. Hal itu dapat dibuktikan dengan terpenuhinya seluruh aspek-aspek loyalitas pada perusahaan seperti ketaatan atau kepatuhan pada peraturan perusahaan, rasa tanggung jawab yang tinggi, pengabdian terhadap perusahaan, dan kesanggupan karyawan dalam melaksanakan kerja.

Referensi

Abdurachman, Oemi. (2001). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Citra Aditya Bakti
Alex S, Nitisemito. (2002).Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Alo, Liliweri. (2004). Wacana Komunikasi Organisasi. Bandung: Mandar Maju.
Bilson, Simamora. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Cutlip, Scott. M., Center Allen H. & Broom.Glen. M. (2009), Effective Public Relations. Ed. 9. Jakarta : Kencana
Effendy, Onong Uchjana. (2009). Human Relations & Public Relations. Bandung: Mandar Maju.
Handoko, (2008). Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia.Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit BPFE
Hasibuan, Malayu S.P, (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hasibuan, Malayu S.P. (2011). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ir.Endar Sugiarto.(1996). Pengantar Akomodasi Dan Restoran. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Jackson Keith dan Rowley Chris.(2012).Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen.Jakarta: Prenhallindo.
Kusumo, B.C.S. (2006). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Iklim Organisasi dan Kepuasan Imbalan Kerja Dengan Loyalitas Kerja Pada Karyawan. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Majid, Abdul. (2017). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Cetakan Pertama. Makassar: Aksara Timur.
Mangkunegara, Anwar Prabu. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Meinanda, Teguh. (1982). Pengantar Public Relations dalam Management. Bandung: CV. Armico
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Remaja Rosda Karya.
Pradja, M.S. (1981). Kamus Istilah Pendidikan dan Umum. Surabaya: Usaha Nasional
Nirmalathasan, B. (2012). Job Satisfaction and Employee’ Work Performance: A Case Study of People’s Bank in Jaffna peninsula, Sri Lanka. University of Jaffna, Sri Lanka. Management and Marketing Journal. 8(1).
Prastowo, Dwi dan Aji Suryo. (2002). Analisis Laporan Keuangan Hotel. Yogyakarta : Andi Offset.
Robbins, P. Stephen. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Diterjemahkan oleh: Drs. Benyamin Molan. Erlangga. Jakarta.
Romli, Khomsahrial. (2011).Komunikasi Organisasi Lengkap. Jakarta: PT. Grasindo.
Safitri, R., Burhan, O. K., & Zulkarnain. (2013). Gaya manajemen konflik dan kepribadian. Psikologia. 8(2), 39-49.
Sendjaja, S. Djuarsa. (1994). Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Siagian dan Sondang, P. (2004). Teori Motivasi Dan Aplikasinya. Jakarta: Bina Aksara.
Siagian, Sondang P. (2002). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: PT Rineka Cipta Jakarta.
Silviani, Irene. (2020). Komunikasi Organisasi. Surabaya: PT Scopindo Media Pustaka.
Siswanto. (2011). Manajemen Konflik.Jakarta: Bumi Aksara.
Stoner, J.AF. dan R. E. Freeman. (1992). Manajemen. Jilid 1. Jakarta: Intermedia.
Unaradjan, D. D.(2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Pertama. Jakarta: Universitas Katolik Atma Jaya.
Yulianita, Neni. (2000). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas (P2U), LPPM Unisba

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-01