Analisis Framing Walkout Amerika Serikat di G20 Pada Kompas.Com

Penulis

  • Novanda Zahwa Firdhaus Stikosa-AWS
  • Nurtyasih Wibawanti Ratna Amina Stikosa-AWS

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v3i1.420

Kata Kunci:

Analisis Framing, Pertemuan G20, Kompas.com.

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Analisis Framing Pemberitaan Walkout-nya AS dalam Pertemuan G20 pada Media Online Kompas.com”. Untuk menyelesaikan penelitian ini peneliti menggunakan enam naskah berita, yang dilatarbelakangi dengan keluarnya AS dalam forum G20 untuk memboikot Rusia yang menghadiri forum setelah invasinya terhadap Ukraina. Objek dalam penelitian ini adalah media online Kompas.com yang membuat berita tersebut. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana Kompas.com membingkai berita tersebut. Metode analisis yang digunakan adalah metode dari Robert N Entman yang memiliki empat elemen yaitu Define Problems (pendefinisian masalah), Diagnose Causes (memperkirakan masalah atau sumber masalah), Make Moral Judgement (membuat keputusan moral), Treatment Recomendation (menekankan penyelesaian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompas.com menggunakan proses seleksi isu yang digunakan pada setiap beritanya yang membahas mengenai walkout AS pada forum G20. Sehingga menunjukkan bahwa berita yang disajikan oleh Kompas.com berusaha menyampaikan penonjolan isu dengan menunjukkan kebenaran fakta dari narasumber yang ada pada saat kejadian dan paham dengan isu yang terjadi.

Referensi

Amina, N. W. R. (2018, October). NEUTRALITY AND MEDIA CONTROL ON 2014 ELECTION. In Proceeding International Conference on Media and Communications in Shoutheast Asia (Vol.1, No 1).
Eriyanto. 2002. Analisis Framing. Konstruksi Ideologi dan Politik Media. Yogyakarta: Penerbit LkiS.
G20, Presidency of Indonesia. (2022). Dikutip dari: https://g20.org/id/about-the-g20-2/ [Diakses pada 12 Mei 2022)
Hakim, L., & Amina, N. W. R. (2021). Analisis Framing Acara Rosi di Kompas TV Episode Ganja: Mitos dan Fakta Periode 6 Februari 2020. DIGICOM: Jurnal Komunikasi dan Media, 1(1), 31-41.
Kristiyono, J. (2018, October). ONLINE NEWS PORTAL READERS’PATTERN RESEARCH ON ACADEMICIANS (A CASE STUDY OF NEWS. UNAIR. AC. ID USERS). In Proceeding International Conference On Media And Communications In Southeast Asia (Vol 1, No.1).
M. Romli, Asep Syamsul. 2018. Jurnalistik Online, Panduan Mengelola Media Online. Bandung, Penerbit Nuansa Cendekia. Hal 163.
Putri, Diva Lufiana. (2022, 25 Februari). Sejarah Konflik Rusia Vs Ukraina. Dikutip dari: https://www.kompas.com/tren/read/2022/02/25/060500265/sejarah-konflik-rusia-vs-ukraina?page=all&jxconn=1 [Diakses pada 30 April 2022]
Purnamasari, Endah. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Media Online Tempo dan Tribunnews dalam Wacana Pembebasan Napi Korupsi (Kontroversi Pemberitaan Menteri Yasonna Laoly Tuding Najwa Shihab Provokasi dan Gegabah Soal Wacana Pembebasan Napi Korupsi). Dikutip dari: http://eprints.umpo.ac.id/5907/3/BAB%20II.pdf [diakses pada 5 Mei 2022].
Suryawati, Indah. 2012. Jurnalistik Suatu Pengantar: Teori dan Praktik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sandy, M. D. A. N., & Prasetyo, D. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran “Brain Coffee” Melalui Media Sosial Instagram. DIGICOM: Jurnal Komunikasi dan Media, 2(1), 1-7.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suseno, F. M. Filsafat Sebagai Ilmu Kritis. Yogyakarta: Kanisius.
Vera, N. (2015). Semiotika dalam Riset komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Wibowo, I. S. W. (2006). Semiotika: Aplikasi Praktis bagi Penelitian dan Penulisan Skripsi Ilmu Komunikasi. Jakarta: FIKOM Universitas Prof. Dr. Mestopo.
Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Grasindo.

Diterbitkan

2023-01-28