The influence of the "Chef's Table" program on NET TV on culinary creativity knowledge.
DOI:
https://doi.org/10.37826/digicom.v3i3.543Kata Kunci:
program acara chef’s table, teori uses and gratification, pengetahuanAbstrak
Di Indonesia televisi dianggap lebih dominan dari pada media massa lainnya, seperti radio, surat kabar dan majalah. Televisi sebagai sumber berita, ternyata memperoleh kepercayaan yang sangat besar dari masyarakat (90%). Televisi juga memiliki program atau disebut juga dengan istilah “siaran” yang didefinisikan sebagai pesan atau rangkaian pesan yang disajikan dalam berbagai bentuk. Maka, pengertian program adalah segala hal yang ditampilkan stasiun penyiaran untuk memenuhi kebutuhan penontonnya. Program Chef’s Table adalah program acara memasak dengan dipandu oleh seorang chef dan ditayangkan di NET TV. Program ini mendemokan cara memasak dengan konsep yang berbeda dari program masak lainnya dan visual yang memanjakan mata penonton sekaligus mengedukasi. Peneliti ingin mengetahui adakah pengaruh dari menonton program acara Chef’s table terhadap pengetahuan kreasi masakan pada remaja di RW 13 RT 01 Manukan Kulon, Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan teori uses and gratification terkait pengaruh program acara Chef’s Table di NET TV terhadap pengetahuan kreasi masakan pada remaja di RW 13 RT 01 Manukan Kulon, Surabaya. Dari hasil penelitian, data-data membuktikan bahwa Program acara Chef’s Table berpengaruh kuat meningkatkan pengetahuan kreasi masakan terhadap mayoritas responden yang frekuensi dan durasi menontonnyatergolong tinggi.
Referensi
Pustaka Pelajar.
Cangara, Hafied (2015) Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada.
Effendi, Onong Uchjana. (2003) Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung:
Rosdakarya,
Kriyantono, Rachmat (2006)Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Morissan (2013) Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.
Notoatmodjo, Soekidjo (2014) Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Severin, Werner J. & James W. Tankard, Jt. (2005) Teori Komunikasi: Sejarah, Metode & Terapan di Dalam Media Massa, Edisi Kelima. Jakarta: Prenada Media.
Unde, Andi Alimuddin, (2014) Televisi & Masyarakat Pluralistik. Jakarta: Prenada Media Group.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran