Pengaruh Iklan Teleshopping Antv Terhadap Preferensi Belanja Masyarakat Kecamatan Gubeng Surabaya Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.37826/digicom.v3i1.424Kata Kunci:
Iklan,Teori AIDDA,Teori S.O.RAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pesan iklan. Home Shopping di ANTV tentang Preferensi Pembelian Masyarakat di Kecamatan Gubeng Surabaya dalam pandemi. Teori yang digunakan adalah AIDDA & S.O.R (Stimulus,Agensi, Tanggapan). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner untuk menarik kesimpulan dari data tersebut. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini digunakan kuota sampel. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti sangat menarik menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan iklan teleshopping di ANTV preferensi pembelian masyarakat di Kecamatan Gubeng, Surabaya di masa pandemi. Koefisien korelasi sebesar 0,694 dengan trend pengaruh sebesar 64,4%. Komunikator dapat menerima dan mengolah rangsangan pesan iklan sehingga terjadi perubahan sikap yaitu minat melakukan transaksi sebesar 64,4%.Kata Kunci: Framing, Media Online, Covid-19
Referensi
Aditya Bakti. Hal: 32
Effendy, O. U. (2003). Ilmu, teori, dan filsafat komunikasi. Citra Aditya Bakti.
Jaiz, Muhammad. (2014). Dasar-dasar periklanan cetakan ke empat. Yogyakarta: Graha
Ilmu
Keraf, Sonny. (2009). Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya. Yogyakarta: Pustaka
Filsafat
Keraf. G. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Indeks.
Lee, M., & Johnson, C. (2011). prinsip pokok periklanan periklanan dalam perspektif
global. Kencana Prenada Media Group.
Sumadiria. (2005). Jurnalistik Indonesia, Menulis Berita dan Feature, Panduan Praktis
Jurnalis Profesional. Remaja Rosda Karya.
Turban, E. (2004). Electronic Commerce a Managerial Perspective. Pearson Addison
Wesley.
Uchjana, O., & Effendy. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Citra Aditya Bakti.
Muhardono, Ari. (2018). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Peningkatan
Penjualan Dan