PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EDITING VIDEO BAGI GENERASI Z

Penulis

  • Armanda Rizky Suhartoyo Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya
  • Anita Agustina Wulandari Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37826/digicom.v4i2.794

Kata Kunci:

tiktok, pemanfaatan media sosial, pembelajaran, generasi z

Abstrak

Dalam pemanfaatan teknologi terkini melalui jaringan internet masyarakat lebih memilih smartphone sebagai alat media komunikasi karena mempunyai ke fleksibelitasan. Banyaknya fitur yang ditawarkan membuat lebih cepat dalam mengakses apapun seperti media sosial tiktok. Sebagain besar media sosial Tiktok merupakan media yang diminati oleh generasi Z, yang ingin mencari solusi dalam hal pembelajaran dari pemanfaatan media sosial tiktok seperti keinginan dalam belajar editing video. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari pemanfaatan media sosial tiktok yang telah dilakukan generasi Z sebagai media pembelajaran editing video, lebih mudah dipahami ketika menerima sebuah pesan informasi. Potensi peran media sosial tiktok generasi Z yang digunakan sebagai media pembelajaran seperti, fitur yang tersedia di media sosial Tiktok, cara pembawaan pesan konten kreator, menerapkan dan kolaborasi. Adapun hambatan dari peran media sosial tiktok generasi Z yang digunakan sebagai media pembelajaran seperti kurangya konteks pendidikan formal, ketidakstabilan kualitas konten yang diberikan konten kreator kepada generasi Z.

Referensi

Aminuddin. (2020). View of PELATIHAN VIDEOGRAFI DAN EDITING VIDEO SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN MEDIA INFORMASI BKKBN PROVINSI JAMBI.pdf.

Azhar. (2011). Media Pembelajaran. BAB 2 Kajian Teori.

Fauzi, M. R. (2016). Pengaruh Akun Instagram @ indotravellers . co Terhadap Minat Travelling Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNTIRTA Angkatan 2012 - 2014 SKRIPSI (Vol. 23, Issue 3).

Mahmuda. (2019). PENGARUH KARAKTERISTIK GENERASI Z TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2017 & 2018 UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Marini. (2019). PENGARUH MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 1 GUNUNG SUGIH KAB. LAMPUNG TENGAH (Vol. 1, Issue 3).

Natalia, C., & Rodhiah, R. (2019). Pengaruh Kreativitas, Edukasi Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Dalam Generasi Z. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 1(2), 164.

Rahmana, P. N., Putri N, D. A., & Damariswara, R. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Edukasi Di Era Generasi Z. In Akademika (Vol. 11, Issue 02, pp. 401–410).

Saleh, S. (2016). KOMUNIKATOR, PESAN, PEDIA/SALURAN, KOMUNIKAN, EFEK/HASIL, DAN UMPAN BALIK. Mkb 7056, 1–101.

Saud, S., Usman, M., & Saleh, N. (2013). Efektivitas Model Komunikasi Smcr Berlo Dalam Pengajaran Wortschatz. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 14(1), 46–50.

Susilowati. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2), 176–185.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Terbitan

Bagian

Articles